PUSAT STUDI AUSTRALIA SINERGI DENGAN PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL UNAS

RESMI BERDIRI, PUSAT STUDI AUSTRALIA SINERGI DENGAN PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL

PUSAT STUDI AUSTRALIA – RESMI BERDIRI DI UNIVERSITAS NASIONAL Jakarta (UNAS) – Tepat pada tanggal 03 Juni 2021, Pusat Studi Australia atau Center For Australian Studies (CFAS) resmi didirikan untuk bekerjasama  dengan Program studi Hubungan Internasional, di Universitas Nasional  (UNAS). Pendirian CFAS diinisiasi oleh Prof. David Reeve dari New South Wales  University bersama Dr. Richard Chauvel dari Melbourne University dan  diprakarsai oleh Harry Darmawan, S.Hum., M.Si selaku dosen program studi Hubungan Internasional bersama dengan Dr. Irma Indrayani, M.Si selaku Kepala Program Studi Hubungan Internasional. Tujuan CFAS didirikan untuk menjembatani kerjasama antara Indonesia dan Australia di bidang ekonomi, politik, sosial budaya dan lainnya antar institusi MNC, NGO dan Pemerintahan. Mempromosikan serta memberi kemudahan bagi mahasiswa/i, siswa sekolah menengah atas serta masyarakat umum yang memiliki minat dalam kawasan Australia di berbagai bidang. CFAS juga berperan untuk mendorong khazanah keilmuan, penelitian serta pengabdian masyarakat baik mahasiswa/i, dosen, serta praktisi khususnya di Universitas Nasional agar lebih memiliki banyak kesempatan dalam berkontribusi di bidang akademis maupun non akademis dalam skala lokal, nasional dan internasional. 

Sebelum peresmian dilakukan, Bapak Harry bersama rekan CFAS lainnya telah bertemu dengan Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A selaku Rektor Universitas Nasional bersama Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. selaku Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerja Sama untuk menyampaikan sasaran – sasaran yang diharapkan dapat memberikan banyak manfaat untuk Universitas Nasional serta masyarakat umum. Dalam kesempatan tersebut, Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A beserta Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. Sangat mengapresiasi, mendukung serta mengharapkan dengan adanya CFAS, lembaga ini dapat menjadi pusat informasi Australia di Jakarta, menjadi acuan bagi mahasiswa/i UNAS dapat lebih bersemangat dalam meraih prestasi, serta menjadi jembatan kerjasama dengan program – program yang dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh setiap civitas di Universitas Nasional dan masyarakat umum.

PUSAT STUDI AUSTRALIA SINERGI DENGAN PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL UNAS - 1
PUSAT STUDI AUSTRALIA SINERGI DENGAN PROGRAM STUDI HUBUNGAN INTERNASIONAL UNAS - 2

More to explorer

Cerita Ramadhan Farah, Wanita yang Menetap di Australia

Ritual kalender Ramadan penting bagi umat Islam karena menghubungkan umat Islam dengan Allah dan juga penting karena memperkaya Australia sebagai masyarakat yang majemuk dengan menunjukkan dedikasi terhadap Islam melalui puasa dan menyoroti nilai-nilai dan atribut yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun ritual kalender memainkan peran besar dalam kehidupan masyarakat Australia, Ramadan menampilkan budaya dan agama dalam masyarakat sekuler. Australia adalah masyarakat yang sebagian besar terdiri dari berbagai kelompok etnis atau tradisi budaya, yang berfokus pada hak untuk meyakini dan mempraktikkan agama tanpa diskriminasi.

Read More »

Muslim dan Non Muslim Berbagi Semangat Ramadhan

Bulan Ramadhan dimulai malam ini, dengan umat Islam di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga senja hingga 11 Mei. Setelah menghabiskan Ramadhan sebelumnya dalam isolasi karena pembatasan virus corona, umat Islam di Australia bersemangat untuk merayakan bulan suci bersama orang yang mereka cintai sekali lagi.

Read More »

Ramadhan di Australia

Bulan puasa Ramadhan adalah bulan paling suci dalam kalender Islam dan diamati oleh hampir dua miliar Muslim di seluruh dunia. Puasa selama Ramadhan adalah salah satu dari Lima Rukun Islam, yang merupakan lima praktik keagamaan penting yang harus diselesaikan setiap Muslim.

Read More »