Gerhana Matahari dan Tradisi Idul Fitri di Australia

Kapan Idul Fitri 2023? Inilah waktu bulan Syawal yang akan menandai akhir Ramadan 2023 dengan gerhana matahari total ‘hibrida’ yang langka. Idul Fitri dirayakan pada hari pertama bulan Syawal, bulan kesepuluh dalam kalender lunar Islam, setelah penampakan bulan baru atau bulan sabit dan merupakan festival besar Islam di mana “Idul” berarti “perayaan” dan “Fitri” berarti “berbuka” dan dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia untuk menandai berakhirnya bulan suci Ramadan, yaitu bulan puasa. Tanggal pasti perayaan ini bervariasi setiap tahunnya, karena Islam mengikuti kalender lunar yang didasarkan pada penampakan bulan baru.

Pada hari ini, umat Islam berkumpul di pagi hari untuk melakukan salat khusus, yang dikenal sebagai salat Idul Fitri, di masjid, tempat terbuka atau tempat ibadah, dan setelah salat, orang-orang saling berpelukan dan bertukar salam “Idul Fitri”, yang berarti “Selamat Hari Raya”. Sudah menjadi kebiasaan untuk mengenakan pakaian baru, menghias rumah, memberikan hadiah dan berbagi makanan dengan keluarga, teman, dan orang-orang yang kurang beruntung karena Idul Fitri adalah acara yang menggembirakan yang menandakan berakhirnya periode puasa selama sebulan penuh, doa, dan refleksi spiritual serta merupakan waktu bagi umat Islam untuk berkumpul bersama dalam persatuan, saling memaafkan, rasa syukur, dan merayakan berkah dari Allah.

Tahun ini, Ramadan diperkirakan akan berakhir pada hari Kamis, 20 April atau Jumat, 21 April 2023 dan menandai awal Idul Fitri dengan suguhan bagi para pengamat langit dan pencinta benda-benda angkasa, karena pada tanggal 20 April, bulan baru yang terjadi pada tanggal 20 April akan disaksikan gerhana matahari total “hibrida” yang jarang terjadi di belahan bumi bagian selatan. Gerhana matahari total hibrida adalah fenomena langka yang hanya terjadi sekali dalam beberapa dekade di lokasi tertentu di Bumi.

Gerhana matahari hibrida terakhir terjadi pada tanggal 3 November 2013, terlihat di sebagian Samudra Atlantik, Afrika bagian tengah dan Samudra Hindia, sementara gerhana matahari hibrida berikutnya akan terjadi pada tanggal 20 April 2023, terlihat di sebagian Australia, Indonesia dan Samudra Pasifik. Sesuai dengan laporan astronomi, bulan sabit hanya akan menyala 0,2% sesaat setelah matahari terbenam dan hampir pasti tidak mungkin untuk dilihat hanya dalam beberapa menit setelah matahari terbenam pada hari Kamis, 20 April di Mekkah, Arab Saudi.

Di sisi lain, pantai barat AS kemungkinan besar akan melihatnya 1% menyala dan sedikit lebih tinggi di langit setelah matahari terbenam sekitar 10 jam kemudian. Pada hari Jumat, 21 April 2023, bulan sabit akan lebih mungkin terlihat dari mana saja di seluruh dunia dan akan terlihat 2,4% terang dari Mekkah dan umumnya jauh lebih tinggi dan lebih terang di langit setelah matahari terbenam, sementara itu akan terlihat sekitar 4% dari pantai barat AS.

Gerhana matahari total hibrida, juga dikenal sebagai gerhana matahari total annular, adalah jenis gerhana matahari langka yang terjadi ketika bulan berada pada posisi di mana ia tampak lebih kecil dari Matahari. Akibatnya, selama gerhana, piringan bulan tidak sepenuhnya menutupi matahari, sehingga hanya menyisakan cincin terang atau annulus cahaya matahari yang terlihat di sekitar siluet bulan.

Tahun ini, Ramadan diperkirakan akan berakhir pada hari Kamis, 20 April atau Jumat, 21 April 2023 dan menandai awal Idul Fitri dengan suguhan bagi para pengamat langit dan pencinta benda-benda angkasa, karena pada tanggal 20 April, bulan baru yang terjadi pada tanggal 20 April akan disaksikan gerhana matahari total “hibrida” yang jarang terjadi di belahan bumi bagian selatan. Gerhana matahari total hibrida adalah fenomena langka yang hanya terjadi sekali dalam beberapa dekade di lokasi tertentu di Bumi.

Gerhana ini dikenal sebagai “hibrida” karena terjadi transisi antara gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian di sepanjang jalurnya. Hal ini terjadi karena kelengkungan Bumi menyebabkan bayangan bulan menyentuh permukaan di beberapa area dan melewati permukaan di area lainnya, menciptakan pola perubahan fase total dan annular.

Whats Australian Culture for Celebrate Ied Fitr?

Semua penduduk saling toleransi atas perayaan yang dilakukan oleh umat Muslim di Australia. Inilah beberapa tradisi yang dilakukan oleh penduduk Muslim Australia ketika merayakan Hari Raya Idul Fitri:

Tradisi Open House

Tidak jauh berbeda dengan lebaran yang dilakukan di Indonesia yakni tradisi open house bagi umat Muslim yang tengah merayakannya. Dengan acara open house ini artinya sesama umat Muslim bisa saling menyapa, silaturahmi dan bahkan meminta maaf atas kesalahan yang telah diperbuatnya dalam setahun belakangan ini.

Sholat Ied Sampai ke Jalanan

Meskipun bukan negara yang mayoritasnya Muslim namun pemerintah Australia memberikan fasilitas bagi setiap umat Muslim yang tengah merayakan Hari Raya Idul Fitri. Salah satunya dengan memberikan fasilitas jalanan untuk digunakan melaksanakan sholat Ied mengingat jika dilakukan di dalam masjid tidak mencukupi.

Pemerintah juga mengerahkan pasukan polisi untuk membantu melancarkan proses ibadah dengan cara memblokir sejumlah jalanan dan mengalihkan lalu lintasnya untuk memberikan kenyamanan bagi umat Muslim saat melakukan ibadah sholat Ied. Sholat Hari Raya Idul Fitri di Australia dilakukan di banyak tempat seperti halnya taman bermain, tempat lapang bahkan stadion.

Festival Multikultural

MEFF Consortium atau Multicultural Eid Festival & Fair yang ada di Australia ini telah memulai adanya perayaan festival multikultural sebagai bentuk menyambut hari kemenangan Idul Fitri di Sydney sejak tahun 1987. Festival perayaan ini masih ada sampai sekarang dan bahkan tidak hanya diikuti oleh umat Muslim namun juga non Muslim.

Festival juga diikuti oleh beberapa tokoh terkenal di antaranya Hazem El Masri, Gubernur Jenderal Australia, Yusuf Islam, pemain sepak bola terkenal dan juga Kristina Keneally. Festival dilakukan di seluruh kota yang ada di Australia.

Festival Terbesar di Melbourne

Sedangkan untuk tradisi lebaran di Australia yang masih dilakukan yakni dengan adanya berbagai macam festival salah satunya di kota Melbourne tepatnya di Broadmeadows pada akhir pekan sesudah Hari Raya Idul Fitri. Sementara itu di ibukota Australia yakni Canberra dilakukan festival dengan sponsor Polisi Federal Australia serta dilaksanakan pada hari Minggu sesudah Hari Raya Idul Fitri.

Pada perayaan festival ini juga hadir berbagai macam wahana yang dapat digunakan untuk anak-anak ataupun orang dewasa. Selain itu perayaan dengan menyediakan berbagai macam kios yang dimiliki oleh warna negara lain bahkan adanya program kebudayaan.

More to explorer

Cerita Ramadhan Farah, Wanita yang Menetap di Australia

Ritual kalender Ramadan penting bagi umat Islam karena menghubungkan umat Islam dengan Allah dan juga penting karena memperkaya Australia sebagai masyarakat yang majemuk dengan menunjukkan dedikasi terhadap Islam melalui puasa dan menyoroti nilai-nilai dan atribut yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun ritual kalender memainkan peran besar dalam kehidupan masyarakat Australia, Ramadan menampilkan budaya dan agama dalam masyarakat sekuler. Australia adalah masyarakat yang sebagian besar terdiri dari berbagai kelompok etnis atau tradisi budaya, yang berfokus pada hak untuk meyakini dan mempraktikkan agama tanpa diskriminasi.

Read More »

Muslim dan Non Muslim Berbagi Semangat Ramadhan

Bulan Ramadhan dimulai malam ini, dengan umat Islam di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga senja hingga 11 Mei. Setelah menghabiskan Ramadhan sebelumnya dalam isolasi karena pembatasan virus corona, umat Islam di Australia bersemangat untuk merayakan bulan suci bersama orang yang mereka cintai sekali lagi.

Read More »

Ramadhan di Australia

Bulan puasa Ramadhan adalah bulan paling suci dalam kalender Islam dan diamati oleh hampir dua miliar Muslim di seluruh dunia. Puasa selama Ramadhan adalah salah satu dari Lima Rukun Islam, yang merupakan lima praktik keagamaan penting yang harus diselesaikan setiap Muslim.

Read More »

Beasiswa Australia Resmi Dibuka!

Australia Awards Australia Awards merupakan prakarsa Pemerintah Australia yang terdiri dari program beasiswa dan fellowship yang dikelola oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (Department of

Read More »