Hal Unik Mengenai Stan Kran Air (Tap Water)

Bagikan Artikel

Menteri Lingkungan, Perubahan Iklim dan Air Vitoria, Lisa Neville mengatakan, “Kami puya banyak waduk, seperti waduk Thomson yang airnya dari Sungai Yarra, waduk di Geelong yang menyediakan suplai air bau ke berbagai komunitas.”

Memang Victoria memiliki banyak waduk yang dibangun dan sengaja dibuat untuk menyuplai air baku. Tak salah, Victoria memasok air di kawasan Kota Melbourne yang jumlahnya sekitar 20 waduk.

Untuk ukuran dari bendungan air tersebut bervariasi, yang paling kecil bisa menampung volume air sampai 4 juta megaliter. Sementara waduk kecil seukuran kolam renang di lahan pertanian atau properti milik pribadi. Total airnya mencapai 13,4 juta megaliter.

Tak hanya membangun bendungan, hal-hal yang diperhatikan untuk menjaga ketersediaan air baku adalah menjaga wilayah tangkapan air. 

“Juga fokus pada wilayah tangkapan air yang kuat yang kami buat di seluruh negara bagian. Fokus pada wilayah tangkapan air dengan mengurangi penebangan pohon sehingga bisa mengurangi aliran air permukaan. Penebangan pun bisa berimbas pada kualitas air,” tambah Neville.

Data dari kementerian yang dibawahi Lisa Neville disebutkan, untuk menjamin ketersediaan air di Melbourne, pemerintah menjaga 157 ribu hektar hutan yang aksesnya tertutup bagi publik selama lebih dari 100 tahun. Hutan itu menyaring air hujan yang akan mengalirkan air melalui sungai dan disimpan di waduk.

Pemerintah Victoria serius menjaga 157 ribu hektar hutan itu. Saking seriusnya, otoritas yang menangani air bersih rutin berpatroli di kawasan hutan tangkapan air. Bila ada warga umum yang lewat atau melanggar pagar dan menyebabkan kerusakan, denda tak segan dikenakan.

Ancaman kebakaran hutan di kawasan tangkapan air itu juga diantisipasi. Bila kawasan tangkapan air ini terbakar maka akan mengancam jumlah dan kualitas air bersih yang dihasilkan.

Tak heran ada 40 petugas pemadam kebakaran disiagakan sepanjang tahun dekat kawasan hutan tangkapan air. Bila musim panas, ada 100 petugas pemadam kebakaran yang standby, juga menyediakan heli untuk bom air dan 25 truk pemadam kebakaran.

Selain membuat bendungan serta waduk-waduk kecil, dan tangkapan air beberapa hal untuk menghasilkan tap water seperti menjaga kualitas air sungai, edukasi untuk menabung dan menghemat pengeluaran air, serta investasi. Investasi yang dilakukan seperti membangun saluran irigasi di wilayah utara Victoria. Juga membangun sistem yang mengurangi kehilangan air atau penyalahgunaan air.

Daftar webinar sekarang!!

Get updates and learn from the best

Webinar lainnya

Fakta Unik Mengenai Sydney, Australia

Sydney, merupakan salah satu kota terbesar di Australia dan menjadi Ibu Kota Negara Bagian New South Wales. Diketahui kota ini memiliki populasi sebanyak 4.34 juta jiwa dan kota ini memiliki luas 12.000 km2. Kota ini menjadi salah satu kota yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Australia, karena terdapat salah satu ikon menarik Australia yaitu, Sydney Opera House.